ALASAN SAYA MEMILIH PROGRAM STUDI AGRIBISNIS UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

 

Hallo teman-teman....

Selamat datang di blog pertama saya. Ini adalah tulisan pertama saya dan saya juga bukan orang yang ahli dalam merangkai kata-kata. Jadi saya mohon maaf sebelumnya jika dalam tulisan saya ini masih banyak kesalahan atau kata-kata yang mungkin kurang sesuai. Maklum namanya masih belajar hehe.

Oiya teman-teman, ada pepatah yang mengatakan “Tak kenal, maka tak sayang” maka dari itu saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu nih. Perkenalkan nama saya Maria Christina Sibuea , dengan NIM 180304067. Saya adalah mahasiswi dari program studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.  Saya masuk melalui jalur SBMPTN dan saya berada di sini selama kurang lebih dua tahun, jadi sekarang saya sedang menempuh semester lima.

Sekarang saya mau bercerita sedikit kepada teman-teman tentang alasan saya memilih berkuliah di jurusan Agribisnis, Universitas Sumatera Utara. Sebelumnya aku mau flasback sedikit ya. Sejak kecil saya ingin sekali menjadi seorang dokter, seperti anak-anak pada umumnya, terlebih lagi keluarga saya juga menginginkan saya untuk menjadi seorang dokter karena saya adalah anak sekaligus cucu paling besar agar bisa menjadi kebanggaan keluarga katanya hehe. Sampai saya duduk di bangku SMA, saya masih memiliki cita-cita menjadi seorang dokter sehingga saya memilih jurusan IPA.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, saya semakin mengenal diri saya. Saya merasa bahwa passion saya bukanlah di bidang kesehatan. Hal ini dapat dilihat bahwa saat duduk di bangku SMA, saya lebih menyukai pelajaran hitungan, geografi dan sosiologi daripada biologi. Saya lebih senang bersosialisasi daripada belajar ilmu pengetahuan alam. Karena ada rasa ragu di dalam diri saya, maka saya memilih untuk melakukan test kepribadian, dan hasilnya menunjukkan bahwa saya memang tidak cocok untuk mengambil kesehatan dan lebih cocok di bidang sosial.

Dulu saya sama sekali tidak mengetahui informasi apapun mengenai jurusan agribisnis. Hingga saya duduk di kelas 3 SMA, saya berdiskusi dengan guru dn orang tua saya dan meminta saran mengenai jurusan yang akan saya ambil. Saya berpikir bahwa passion saya adalah bidang soshum tetapi saya adalah anak IPA, saat itu saya berpikir mana mungkin saya memilih jurusan soshum dan bersaing dengan mereka yang telah belajar soshum selama tiga tahun, sedangkan saya hanya punya waktu beberapa bulan saja.Pertimbangan saya juga, orang tua saya tidak mengizinkan untuk kuliah di luar kota sehingga saya hanya dapat memilih jurusan yang ada di dua universitas saja.  Akhirnya setelah berdiskusi, saya diarahkan untuk memilih jurusan Agribisnis di Universitas Sumatera Utara karena jurusan tersebut adalah jurusan IPA yang juga merambah ke ilmu sosial.

Seperti yang kita ketahui Agribisis memiliki nama lain yaitu “Sosial Ekonomi Pertanian”. Saat mengetahui hal itu saya membulatkan tekad saya untuk memilih jurusan tersebut sebagai pilihan saya dalam SBMPTN. Saya merasa jurusan ini sangat cocok untuk saya karena saya suka berhitung dan juga suka mendalami ilmu sosial dan bersosialisasi dengan orang lain.

Dan benar saja, setelah saya berkuliah di jurusan ini. Saya merasa menjadi diri saya sendiri dan tidak terlalu kesulitan dalam belajar karena saya berada di jurusan yang sesuai dengan passion saya. Banyak hal yang saya pelajari selama berkuliah disini. Salah satunya adalah publik speaking. Dengan adanya tugas wawancara di setiap semesternya mengajarkan saya untuk cepat beradaptasi dan berani berkomunikasi dengan orang baru. Bukan hanya itu saja, saya juga belajar menyesuaikan diri dengan nilai-nilai yang ada di berbagai daerah yang pernah saya kunjungi. Saya juga senang mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya.

Bukan hanya itu saja, wawasan saya akan dunia pertanian juga semakin terbuka. Saya belajar pertanian dari mulai hulu sampai hilir .Saya menjadi semakin sadar bahwa pertanian adalah sektor terpenting di dalam kehidupan karena pertanian adalah sektor penopang yang menyediakan bahan baku untuk sektor lainnya dan juga kehidupan manusia tidak dapat lepas dari pertanian sebagai sumber pangan.

Dalam prodi Agribisnis, saya juga belajar ilmu ekonomi. Saya belajar bagaimana cara membuka usaha sendiri. Seperti yang kita ketahui pada saat ini angka pengangguran sangatlah tinggi, hal ini diakibatkan jumlah penduduk yang selalu bertambah sedangkan lapangan kerja terbatas. Sehingga kehadiran para enterpreneur muda sangatlah diharapkan. Disini saya dimotivasi dan diajarkan cara menjadi seorang enterpreneur muda. Saya diajarkan dari mulai membuat bussiness plan hingga cara memanajemen usaha sendiri.

Hal terakhir yang menjadi alasan saya memilih jurusan ini adalah Agribisnis memliki prospek kerja yang beraneka ragam. Hal ini dikarenakan agribisnis membelajari berbagai bidang ilmu, yakni sosial, bisnis, ekonomi dan pertanian. Maka dari itu lulusan Agribisnis memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan.

Sekian tulisan pertama saya. Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada semua pembaca yang telah membaca tulisan ini. Sampai jumpa di karya saya selanjutnya!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Informasi, Penolong Saat Pandemi!